Sosialisasi dan Edukasi Digital Marketing Desa Semawung untuk Memajukan Ekonomi Masyarakat
BOYOLALI - Teknologi digital telah mengubah cara manusia dalam berkomunikasi, bertindak, dan mengambil keputusan. Digital Marketing telah mengalami evaluasi dari awalnya kegiatan pemasaran barang dan jasa yang menggunakan saluran digital hingga pengertian yang lebih luas yaitu proses memperoleh konsumen, membangun preferensi konsumen, mempromosikan merk, memelihara konsumen, dan meningkatkan penjualan. Digital Marketing didefinisikan sebagai kegiatan pemasaran yang menggunakan media berbasis internet.
Dalam menjalankan kegiatan pemasaran diera jaman sekarang yaitu Digital Marketing untuk itu, pada hari
Selasa, 15 Agustus 2023 oleh anggota Kelompok 14 KKN PPM Unisri yaitu Clesia Derlin Dhe Hidayat program studi Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang sedang menjalankan KKN di Desa Semawung, Kec. Andong, Kab. Boyolali. Memberikan Sosialisasi Kepada masyarakat Di Desa Semawung yang berjudul ”Sosialisasi dan Edukasi Digital Marketing Desa Semawung Boyolali Untuk Memajukan Ekonomi Masyarakat.”
Tujuan utama dari sosialisasi tersebut adalah agar mengetahui cara dan tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui media sosial Digital Marketing dalam memasarkan produknya dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri. Dalam sosialisasi tersebut juga mempunyai manfaat agar mempengaruhi segala aspek kehidupan dan kegiatan manusia, termasuk pelaku UMKM di desa Semawung agar pemasaran berbasis Digital Marketing digunakan untuk mendapatkan konsumen, membangun preferensi mereka, promosi merk, memelihara konsumen, serta meningkatkan jumlah produk yang terjual pada akhirnya meningkatkan profit.
Kegiatan tersebut diikuti oleh para pelaku UMKM dan Remaja Karangtaruna desa Semawung. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan masyarakat di Desa Semawung memahami dan mudah memahami apa itu pemasaran Digital Marketing karena sudah mengikuti perkembangan zaman dan juga sosialisasi tersebut dimulai dengan memberikan pengertian digital marketing, tujuan pemasaran dan beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan diera digital.
Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para pelaku UMKM di Desa Semawung dapat mengembangkan usahanya dengan cara melakukan pemasaran melalui Digital Marketing dengan baik dan benar agar dapat memajukan usaha tersebut dan ekonomi masyarakat sangat baik. (***)