Perumda Tirta Rangga Subang Terus Berbenah untuk Berikan Pelayanan Prima
SUBANG - Berbagai Kemudahan dan Inovasi untuk pembayaran, Pengecekan hingga aduan dalam pelayanan air bersih terus ditingkatkan oleh jajaran PT Tirta Rangga Subang.
Badan Usaha milik Daerah BUMD Subang tersebut, terus berinovasi untuk memberikan pelayanan prima sesuai dengan motonya, Trust Openness partnership (TOP) dengan terhadap 51 ribu pelanggannya.
"Kami ingin para pelanggan terus dimudahkan dengan berbagai pelayanan setelah menggandeng berbagai platform untuk pembayaran tagihan air, dalam waktu dekat para pelanggan pun bisa mengetahui tagihan melalui WhatsApp dan Email." Ujar Direktur Utama PT Perumda Tirta Rangga Subang Lukman Nurhakim, S.I Kom. M.I.Kom Saat ditemui di Kantor Senin (30/12/2024).
Tidak hanya itu, BUMD yang memiliki core bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) itu dalam waktu dekat akan berinovasi melalui superApps, yang nantinya pelanggan bisa mengecek dan membayar tagihan , mengecek kubikasi air yang terpakai.
Lukman menyampaikan di tahun 2025 jajaran dengan mendata nomor ponsel dan email, hal itu bertujuan untuk memberikan informasi secara real time dan private berkaitan dengan tagihan air.
Perunda TRS yang mulai berbenah dan merupakan digitalisasi terhadap pelayanannya tersebut, juga mengarah pada produksi dan distribusi air yang dikelolanya, mulai dari pendeteksi kebocoran pipa secara digital maupun pengolahan air yang transparan, dia juga menambahkan, BUMD yang mengelola air dengan skala besar sudah memiliki Supervisor Control and Data Acquistion (SCADA) sistem dimana semua proses produksi, distribusi dan pengolahan air bisa termonitoring, oleh kerena Perumda TRS perlahan akan menerapkan sistem tersebut.
Melalui digitalisasi , Perumda ingin menerapkan SCADA sistemnya ,memang biaya untuk sistem tersebut mahal namun perlahan kami bisa merealisasikan nya.
Lukman mengatakan di tahun 2025 akan ada penambahan pelanggan dari jumlah saat ini sebanyak 51 ribu Pelanggannya BUMD tersebut akan melayani 3 ribu pelanggan baru.
"Tidak ada perusahaan yang maju tanpa SDM yang qualified dan mumpuni di bidangnya, secara kompeten dan profesional." Tambahnya.
Lanjut Lukman mengatakan, disamping menerapkan digitalisasi dalam pelayanannya terhadap para pelanggan, core bisnisnya AMDK terus berproses.
Berlabel TRS water, air minum dalam kemasan ukuran 330 ml tersebut terjual 1000 dus kurun waktu satu bulan terakhir dimana penjualan air mineral tersebut sangat masif, Alhamdulillah belum ada keluhan, baik rasa kemasan dan lainnya.
Jika progres terus membaik maka direncanakan akan dibangun pabrik untuk air mineral buatan Perumda TRS ini. Pung.kasnya. (D.Jekiw)