Perancangan Desain Banner dan Stiker Logo Guna Promosi Produk UMKM Andyra Cake             

Perancangan Desain Banner dan Stiker Logo Guna Promosi Produk UMKM Andyra Cake             

Smallest Font
Largest Font

WONOGIRI - Dalam rangka mendukung pedagang UMKM di tingkat desa, Kelompok 49 dari Program Kuliah Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi Surakarta akan membantu memaksimalkan salah satu usaha produk UMKM yang ada di Desa Boto, Kecamatan Jatiroto, Wonogiri.

Kelompok 49 dan masyarakat Desa Boto berharap dapat menciptakan sumber penghasilan dan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. (01/09/2024).

Banner adalah media promosi yang ditujukan kepada lebih dari satu orang atau kepada banyak orang atau non personal. Sedangkan stiker logo produk adalah pengenal suatu produk yang berisi beragam informasi yang ingin disebarkan dari produsen kepada pihak pembeli. Banner dan stiker logo produk memiliki manfaat yang hampir sama, yang menjadikan beda hanyalah ukurannya saja.

        

Terdapat 5 Dusun dalam Desa Boto meliputi Dusun Mipitan, Dusun Paro, Dusun Mesu, Dusun Boto, dan Dusun Dungkul. Mahasiswa KKN akan memilih salah satu dusun untuk menjadi contoh pemembuatan desain banner dan stiker logo produk untuk salah satu pedagang UMKM yang memproduksi roti kering “Andyra Cake” yang terletak di Dusun Dungkul, Desa Boto, Kecamatan Jatiroto, Wonogiri. “Andyra Cake” ingin mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas dan membutuhkan bantuan untuk perancangan komunikasi visual berupa banner dan stiker logo produk. Visual dan kata-kata pada desain tidak perlu berlebihan tapi harus memberikan makna yang baik untuk suatu brand yang tidak lupa menggunakan visual dan kata-kata yang menarik agar mudah memperkenalkan produk mereka pada khalayak luas.

                

Program Kerja ini dimulai dari sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dimana sosialisasi ini sangat disambut oleh warga setempat. Menjelaskan bagaimana pentingnya pembuatan banner dan stiker logo produk untuk para pedagang UMKM. Pentingnya memilih kata-kata, penyusunan gambar, dan pemilihan warna yang membuat banner yang akan digunakan menjadi menarik namun tidak membosankan pada saat dibaca oleh calon pembeli. Dan tidak lupa pentingnya memilih bahan dalam pencetakan banner dan stiker logo produk.

Andyra Cake milik Ibu Nita ingin meningkatkan daya jual produk yang dapat membantu pendapatan dan mengurangi angka pengangguran dengan memberikan peluang lapangan pekerjaan. Dalam mendesain banner dan stiker logo produk, Ibu Nita sangat memberikan kepercayaan dan kebebasan kepada mahasiswa KKN untuk mendesain sekreatif mungkin. Dalam proses perancangan desain Andyra Cake mamadukan beberapa warna serta gambar yang cukup sederhana namun langsung menarik perhatian dan dimengerti oleh orang yang membacanya. Dan akhirnya Ibu Nita sudah memilih sepasang desain banner dan stiker logo produk dari dua pasang desain yang diajukan oleh mahasiswa KKN. Desain yang dipilih memiliki visual yang sederhana namun mencangkup seluruh informasi dari Andyra Cake.

Jadi, banner dan stiker logo produk sangatlah penting untuk para pedagang termasuk pedagang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ). Program KKN dari Mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi Surakarta ini bentuk kontribusi nyata dalam membantu memberikan lapangan pekerjaan dan mensejahterakan masyarakat sekitar. Mahasiswa KKN berharap desain banner dan stiker logo produk dapat meningkatkan minat dan daya Tarik serta perhatian calon pembeli terhadap produk roti kering dari Andyra Cake. Mahasiswa KKN juga berharap program kerja ini dapat menjadi contoh bagi para pedagang UMKM di desa-desa lainnya. 

Editors Team
Daisy Floren

Rekomendasi

Postingan dibawah ini milik Platform Advertnative, redaksi portalberita.co.id tidak terkait dengan pembuatan konten ini.