Penerapan Skill Komunikasi Persuasif Pada PT. Asuransi Jiwa Sequis Life Kota Solo

Penerapan Skill Komunikasi Persuasif Pada PT. Asuransi Jiwa Sequis Life Kota Solo

Smallest Font
Largest Font

SOLO - Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang bernama Klara Ayu Purnomo telah melaksanakan program Magang di PT. Asuransi Jiwa Sequis Life, yang dilaksanakan selama 3 bulan. Program magang ini menjadi salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Slamet Riyadi Surakarta,hal ini bertujuan supaya ilmu yang diperoleh mahasiswa saat perkuliahan dapat diterapkan dan diaplikasikan oleh mahasiswa dalam dunia kerja yang sesungguhnya. (13/01/2025).

PT. Asuransi Jiwa Sequis Life Cabang SEV3N Kota Solo berada di Jl. Ir. Soekarno No 31,Bangorwo,Kwarasan, Kabupaten Sukaharjo. Perusahaan asuransi ini berfokus untuk melayani nasabah individu maupun kelompok,dengan jalur distribusi tenaga pemasar dan digital yang menawarkan beragam produk inovatif mencakup asuransi jiwa dan kesehatan. Sequis Life sudah 40 tahun dapat mempertahankan kejayaannya dan tentunya memiliki tenaga pemasar yang profesional.Sequis Life Cabang SEV3N Kota Solo memiliki lebih dari 80 tenaga pemasar dengan satu Leader yaitu Bu Vita Sari. 

Kegiatan Magang ini dilaksanakan di PT. Asuransi Jiwa Sequis Life yang dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak tanggal 03 Oktober 2024 – 03 Januari 2025, penulis ditempatkan pada Bidang pemasaran produk(Marketing) dan Sekretaris. Marketing adalah pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga pemasar dalam memasarkan produk perusahaan guna mencapai target penjualan produk. Dalam hal ini bagian marketing sebagai pemasar produk melakukan berbagai metode dan pendampingan kepada leader pada saat memprospek nasabah. 

Dalam Program Magang ini Mahasiswi yang Bernama Klara Ayu Purnomo melakukan komunikasi persuasif langsung kepada nasabah dalam menawarkan produk perusahaan. Serta melakukan pengisisan form terkait pergantian ahli waris maupun klaim asuransi nasabah. Ada beberapa tujuan dalam pelaksanaan kegiatan magang kali ini, sebagai berikut :

1. Melalui metode marketing yang dilakukan PT. Asuransi Jiwa Sequis Life,tenaga pemasar dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Program-program seperti reward, pemberian informasi yang relevan, serta komunikasi yang lebih personal dapat membantu nasabah merasa dihargai dan terus menggunakan produk atau layanan perusahaan.

2. Menyusun, menyimpan, dan mengarsipkan berbagai dokumen penting seperti polis asuransi, laporan keuangan, kontrak, dan dokumen lainnya yang relevan dengan bisnis perusahaan.

3. Membuat dan mengirimkan agenda rapat, memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan sudah siap, serta membuat notulen rapat.

4. Terlibat dalam komunikasi langsung dengan nasabah, menjawab pertanyaan tentang produk asuransi, klaim, atau memberikan informasi terkait polis.

5. Untuk mengetahui bagaimana cara memeberikan pelayanan yang baik kepada nasabah yang ingin mengganti ahli warisnya atau melakukan pergantian metode pembayaran polis autodebet.

6. Bertanggung jawab untuk menjawab telepon, mencatat pesan, atau mengarahkan panggilan ke bagian yang tepat, termasuk memberikan informasi dasar tentang produk asuransi jika diperlukan.

Magang di PT. Asuransi Jiwa Sequis Life memberikan saya wawasan yang sangat berharga mengenai industri asuransi jiwa, serta keterampilan praktis dalam mengelola administrasi, komunikasi nasabah, dan kerja tim.

 Pengalaman ini sangat berpengaruh dalam membentuk pemahaman saya tentang pentingnya peran asuransi dalam kehidupan masyarakat dan memberi saya landasan yang kuat untuk karir profesional di masa depan. Saya merasa sangat beruntung mendapatkan kesempatan untuk magang di perusahaan yang memiliki reputasi baik seperti Sequis Life.

Editors Team
Daisy Floren

Rekomendasi

Postingan dibawah ini milik Platform Advertnative, redaksi portalberita.co.id tidak terkait dengan pembuatan konten ini.