Pemanfaatan Digitalisasi Sosial Media pada UMKM Keke Cake dan Cookies

Pemanfaatan Digitalisasi Sosial Media pada UMKM Keke Cake dan Cookies

Smallest Font
Largest Font

WONOGIRI - Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNISRI Kelompok 09, Andhini Sekarayu Pramudita, Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi Surakarta telah mengadakan program kerja yang difokuskan pada pemanfaatan digitalisasi sosial media pada UMKM Keke Cake & Cookies yang terletak di Dusun Bendho, Desa Sambirejo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. 

Program kerja ini bermaksud untuk memberikan pandangan kepada para pelaku UMKM bahwa media sosial menjadi platform paling kuat dalam membangun hubungan dengan audiens hingga mempromosikan produk. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana jual beli produk masing - masing. 

Kegiatan peserta Kuliah Kerja Nyata Pengabdian pada Masyarakat (KKN PPM) 2024 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Paulus Widjanarko, S.Pd., M.Pd itu dalam rangka Pemanfaatan Digitalisasi Sosial Media Pada UMKM yang ada di Dusun Bendho yaitu UMKM Keke Cake & Cookies.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2024 di kediaman Mba Jarwanti selaku Owner Keke Cake & Cookies di Dusun Bendho, Desa Sambirejo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Dalam Proker ini saya membantu membuatkan akun sosial media Keke Cake & Cookies di sosial media Instagram dan membuatkan banner toko Keke Cake & Cookies, kata Andin. Kita juga melakukan kegiatan masak bersama Mba Jarwanti. “Saya sangat senang sekali dengan kedatangan mba-mba kkn disini karena dapat membantu saya menciptakan inovasi produk dan membantu saya menggunakan media sosial untuk memperkenalkan Keke Cake & Cookies ini.” Ujar Mba Jarwanti. 

Program kerja ini diharapkan dapat membantu UMKM lainnya agar dapat memanfaatkan digitalisasi sosial media. Pada era digitalisasi saat ini, pemasaran digital menjadi kunci sukses bagi UMKM yang ingin memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penetrasi bisnis mereka. Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang mengandalkan media digital seperti internet, media sosial, situs web, dan TV digital menjadi landasan yang vital bagi para pelaku UMKM. Dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, UMKM dapat memperluas jaringan pemasaran secara efektif.

Penulis: Andhini Sekarayu Pramudita

Editors Team
Daisy Floren

Rekomendasi

Postingan dibawah ini milik Platform Advertnative, redaksi portalberita.co.id tidak terkait dengan pembuatan konten ini.