Meningkatkan Kesadaran dan Ketrampilan Literasi Digital Melalui Program Edukasi dan Pelatihan Konten Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo
WONOGIRI - Telah dilaksanakan kegiatan “Meningkatkan Kesadaran dan Ketrampilan Literasi Digital Siswa SMP Melalui Program Edukasi dan Pelatihan Konten Digital”, kegiatan ini dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN PPM UNISRI 2024, Satria Adami Adji dari Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Dosen Pembimbing: Mutya Paramita Pratita, S.E., M.Sc. dengan Tema “UNISRI Ikut Serta Dalam Penguatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat Didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah.” (24/08/2024)
Di zaman serba digital ini Konten digital memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan memanfaatkan berbagai platform dan alat digital, siswa dapat belajar secara lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Maka dari itu “Meningkatkan Kesadaran dan Ketrampilan Literasi Digital Siswa SMP Melalui Program Edukasi dan Pelatihan Konten Digital” ini di laksanakan agar mengembangkan skill dan kreatifitas OSIS SMP Negri 1 Sidoharjo. Selain meningkatkan skill pelatihan ini juga dapat meningkatkan literasi digital pada siswa.
Pelatihan pembuatan desain konten media sosial ini menggunakan aplikasi canva sebagai media desain. Melalui program edukasi dan pelatihan konten digital, diharapkan siswa dapat menghasilkan karya-karya kreatif yang dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar OSIS SMP Negeri 1 Sidoharjo dapat belajar membuat konten media sosial yang menarik dan konten sosial media yang dapat menyampaikan pesan dengan baik, sehingga dapat digunakan sebagai promosi sekolah dan dapat digunakan untuk membranding sekolah.
Pelatihan telah dilaksanakan pada Hari Senin (05/08/2024) di Ruang Lab Komputer SMP Negeri 1 Sidoharjo. Pelatihan ini didukung oleh Kepala Sekolah dan guru-guru di sana. Pelatihan desain diikuti oleh 18 dari perwakilan OSIS SMP Negeri 1 Sidoharjo. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan metode pemberian materi-materi dasar tentang desain konten media sosial serta materi tentang penggunaan aplikasi canva. Pelaksanaan teknis ke-2 yaitu siswa melakukan praktik secara langsung menggunakan aplikasi canva secara mandiri. Setiap siswa mendesain satu desain poster kemerdekaan. Kegiatan berjalan dengan lancar serta siswa sangat berpartisipasi dengan baik.
Penulis: Satria Adami Adji-Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik-Universitas Slamet Riyadi Surakarta