Mahasiswa KKN Unisri, Sosialisasi Penargetan Pasar lewat Digital Marketing bagi UMKM di Desa Watubonang
SUKOHARJO - Dalam rangka meningkatkan angka penjualan secara signifikan, mahasiswa (KKN-PPM) Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Kelompok 69 Universitas Slamet Riyadi dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dra. Christy Damayanti, M.Si mengadakan progam kerja individu yang berbentuk kegiatan Sosialisasi tentang Penargetan Pasar Lewat Digital Marketing bagi UMKM di Desa Watubonang, Tawangsari, Sukoharjo.
Mahasiswa pelaksana KKN dari Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Joshepine Wahyu Widyanto menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini adalah terkait dengan menambah atau meningkatkan angka penjualan dari UMKM-UMKM yang ada di Desa Watubonang dengan cara Penargetan Pasar yang memanfaatkan cara Digital Marketing kegiatan ini yang diharap dapat membantu para pelaku dan pemilik UMKM untuk dapat dengan mudah menjangkau dan mendapatkan konsumen melalui Digital Marketing.
Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat serta upaya untuk mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung, dengan adanya digital marketing ini pelaku UMKM dapat menjangkau target pasar yang lebih luas sehingga dapat mendongkrak angka penjualan karena lewat media sosial pun informasi atau keterangan yang ditampilkan dapat tersampaikan kepada calon calon konsumen. Mengingat di era modern sekarang ini semua orang dapat mengakses media sosial dengan sangat mudah sehingga mencari produk, layanan, atau informasi yang ditawarkan dan memudahkan mereka menemukannya, serta memudahkan mereka mencapai produk yang diperlukan. Bahkan dengan adanya media sosial ini dapat meminimalisir pengeluaran yang di gunakan hanya untuk memasarkan menjadi sangat hemat atau bahkan bisa saja menjadi gratis hanya dengan modal internet dan media sosial.
Lebih Lanjut Joshep pun juga menjelaskan bahwa dengan adanya Digital Marketing ini calon konsumen dapat dengan mudah dan cepat berkomunikasi dengan Produsen serta meningkatkan kualitas relasi antara pemilik usaha dengan konsumen atau calon konsumen dengan dapat berkomunikasi atau berinteraksi secara real time dengan konsumen maka pelaku usaha pun dapat juga secara langsung melayani calon konsumen tersebut secara online dan memberikan informasi informasi tentang produk yang di pasarkan.
Kegiatan Sosialisasi Penargetan Pasar Lewat Digital Marketing bagi UMKM di Desa Watubonang ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023 yang bertepatan di Balai Desa Watubonang. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam ini dihadiri oleh para Pemilik Usaha dan para Pelaku Usaha dan dengan antusias warga warga yang memiliki UMKM di Desa Watubonang, acara ini dapat berlangsung dengan lancar.
Harapannya setelah diadakannya Progam Kerja Sosialisasi Penargetan Pasar Lewat Digital Marketing bagi UMKM di Desa Watubonang” ini agar Masyarakat dapat mengetahui informasi dan pengetahuan tentang bagaimana cara atau strategi pemasaran sehingga dapat menerapkan dalam usahanya sehingga dapat mendongkrak angka penjualan UMKM di Desa Watubonang ini. (***)