Mahasiswa KKN Unisri Membantu UMKM dengan Pembuatan Banner sebagai Pemasaran Media Cetak
BOYOLALI - Universitas Slamet Riyadi Surakarta kembali melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) yang bertujuan untuk memberikan pemberdayaan, tema dari kegiatan KKN PPM ini adalah “Banner sebagai Pemasaran media cetak," terhadap pelaku UMKM di Desa Munggur.
Memanfaatkan kekuatan media cetak banner dalam upaya pemasaran, Dalam era digital yang semakin maju, upaya pemasaran sering kali difokuskan pada platform online. Namun, media cetak seperti banner tetap menjadi alat yang efektif untuk mencapai target audiens. Mari kita bahas bagaimana banner dalam media cetak tetap relevan dan mengapa penggunaannya patut dipertimbangkan.
Target UMKM Konten yang ada pada banner harus jelas dan menarik. Gunakan pesan singkat yang menggambarkan manfaat produk atau layanan Anda. Kreativitas dalam tata letak dan desain akan membuat banner lebih mencolok dan mudah diingat, Seperti target program kerja saya.
Penempatan banner sangat penting. Pilih lokasi-lokasi yang sering dikunjungi oleh target audiens Anda, seperti pusat perbelanjaan atau tempat-tempat ramai lainnya. Penempatan yang strategis meningkatkan eksposur banner dan menciptakan kesempatan lebih besar untuk menarik perhatian.
Seperti pada target yang saya ambil pada program kerja saya bersama teman teman, saya memilih “Angkringan Kang sur,” pada contoh kasus upaya pemasaran media cetak banner. Di angkringan Kang Sur sangat strategis sekali, tata letak tempat UMKM yang saya tuju sangat dekat dengan taman JM. Munggu yang berada di Desa Munggur.
Desain banner yang saya ambil menonjolkan pesan utama dan membuatnya mudah diingat. Juga mengunakan kontras warna yang kuat, tipografi yang mudah dibaca, dan gambar visual yang relevan.
Dalam kesimpulannya, banner dalam media cetak tetap memiliki tempatnya dalam upaya pemasaran. Dengan memahami siapa, apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana penggunaan banner. (***)