Mahasiswa KKN Unisri melakukan pendampingan UMKM Popcorn Solo
SURAKARTA - Pemasaran produk adalah proses yang melibatkan kegiatan promosi dan memasarkan produk kepada konsumen dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, minat dan keinginan untuk membeli produk tersebut. Supaya penjualan produk dapat meningkat, maka pelaku usaha harus memperhatikan beberpa hal. Di antaranya yaitu pemasaran produk.
Memasuki era modern ini, dimana semua hal mulai menjadi serba digital, masyarakat dituntut untuk memahami teknologi yang terus berkembang. Termasuk di dalam bidang pemasaran.
Pada bulan Agustus 2023, salah satu mahasiswi dari Kelompok 74 KKN UNISRI program studi Manajemen, Diyah Ayu Pitaloka melakukan peninjauan disalah satu UMKM yang terdapat di lingkungan RT02/RW09 Pundung Gede, Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. “Popcorn Solo” merupakan salah satu UMKM milik Bapak Surawan yang menjadi sasaran Diyah Mahasiswi KKN UNISRI untuk pelaksanaan Program Kerja Individu yaitu Pendampingan pemasaran produk UMKM dengan media masa.
“Dilihat dari perkembangan UMKM Popcorn Solo, strategi pemasaran produk selain berjualan offline sudah memasuki media online melalui aplikasi WhatsApp, untuk meningkatkan jangkauan pemasaran produk Popcorn ini maka perlu adanya perluasan pemasaran melalui aplikasi Instragram.” Ujar Diyah mahasiswi KKN dari UNISRI Prodi Manajemen.
Diyah memulai pendampingan dengan menjelaskan mengenai program kerjanya yaitu pendampingan pemasaran produk UMKM dengan media masa, sehingga nantinya akan membuat account Instagram untuk keperluan pemasaran produk Popcorn. Pendampingan dilakukan secara interaktif agar dapat dipahami pemilik usaha dalam penggunaan dari Instagram untuk pemasaran produk popcorn untuk kedepannya.
“Usaha Popcorn ini sudah ada sejak 1995, dipasarkan di depan sekolah, di titipkan di toko oleh-oleh, di alun-alun kidul kota solo, dan sekarang ini setiap hari Minggu berjualan di CFD Solo Baru di depan Toko Jumbo” Ujar Bapak Surawan dalam wawancara.
(@popcorn_solo) Selain membuatkan account Instagram untuk pemasaran produk melalui media masa, Diyah juga membuatkan MMT untuk menambah perluasan pemasaran. Harapannya dengan pendampingan UMKM ini dapat semakin meningkatkan penjualan dari pemasaran produk secara digital melalui media masa Instagram. (***)