Mahasiswa KKN Adakan Pendampingan Digitalisasi Marketing Menggunakan Shopee
WONOGIRI - Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan kegiatan pendampingan digitalisasi marketing menggunakan shopee di Kantor Kelurahan Gunungsari. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memaksimalkan potensi penjualan dan memperluas jangkauan pasar dengan cara yang terstruktur dan efisien.
“Digitalisasi marketing menjadi kunci utama bagi bisnis untuk tetap kompetitif di era modern ini. Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Asia Tenggara, Shopee memberikan berbagai fitur dan alat untuk membantu bisnis dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka secara digital. Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk melakukan pendampingan digitalisasi marketing ini agar para pelaku umkm dapat meningkatkan jangkauan pemasarannya agar lebih luas,” ujar Eva salah satu mahasiswa KKN yang melaksanakan Proker Individu Ini.
Dalam kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa KKN memaparkan tentang digitalisasi marketing di Shopee melibatkan bimbingan dan dukungan yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memanfaatkan platform Shopee secara optimal. Ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pembuatan dan pengelolaan toko online, hingga penerapan strategi pemasaran digital seperti iklan berbayar dan promosi.
Kepala Desa Gunungsari, Pak Sudiyono, menyambut baik kegiatan ini. “Kami sangat mengapresiasi upaya mahasiswa KKN dalam mengedukasi masyarakat kami. Meningkatkan penjualan memang menjadi tantangan bagi pelaku usaha ditambah dengan ketatnya persaingan usaha, membutuhkan strategi promosi yang efektif, dan dengan adanya kegiatan ini, kami berharap agar pelaku umkm dapat lebih memahami dan meningkatkan jangkauan pasar yang lebih luas dan efisien,” ujarnya.
Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk kontribusi mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi Surakarta dalam mendorong perubahan positif di bidang ekonomi di Desa Gunungsari. Diharapkan, melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami dalam meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan digitalisasi marketing terkhususnya menggunakan shopee. (***)