Kunjungan Serta Edukasi Mengenai Digital Branding Pembuatan Logo dan Iklan Terhadap UMKM Produksi Tempe
Oleh: Sauvana Helmi Al Fatchi
Mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi
WONOGIRI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan kunjungan serta edukasi mengenai digital branding (pembuatan logo dan iklan) terhadap UMKM sebagai bentuk upaya memajukan sebuah bisnis atau usaha, (30/7/2024).
Edukasi dilakukan di rumah saudara Bambang atau lebih akrab disapa Nanang di Dusun Kopen RT.02/01 Kayuloko, Wonogiri, Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja individu mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi yaitu Sauvana Helmi Al Fatchi.
Kegiatan ini diawali dengan mengunjungi rumah produksi serta mengamati langkah-langkah atau proses pembuatan tempe dari kedelai utuh yang difermentasi sampai proses pencetakan setelah kedelai siap, kemudian mencoba cara mencetak atau mengemas agar bisa dilakukan proses pendinginan sebelum siap untuk dipasarkan.
“Mengenai pemasaran sejauh ini saya cuma kirim ke Pasar Sidoharjo mas, atau saya buat hanya kalau ada pesanan masuk, paling dari beberapa pedagang sayur keliling di desa. Soalnya saya hanya meneruskan peninggalan mertua saya, jadi belum kepikiran buat dagang keluar apalagi buat logo di kemasan dan jual iklan, kalua mau dibantu saya senang mas.” ujar Nanang pemilik usaha tempe Kayuloko, Wonogiri.
Setelah mendengar penjelasan itu, kami berniat untuk membantu Nanang dalam hal membantu membuatkan desain logo agar mudah dikenal oleh pembeli sekaligus, menguatkan bahwa masing-masing produk meskipun sejenis tetapi pasti memiliki keunggulan serta ciri khasnya bahkan, bisa dibedakan dari bahan kedelai yang dipilih. Lebih dari itu, kita membantu menjelaskan betapa pentingnya digital branding dan iklan produk kepada Nanang yang pada akhirnya kami mengajarkan membuat iklan menggunakan aplikasi mudah seperti canva.