KKN Unisri Sukses Mengangkat Produk Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah
SUKOHARJO - Dalam upaya untuk memperkuat identitas merek dan meningkatkan daya saing, sebuah inisiatif menarik telah diluncurkan di Dusun Pundungsari RT 03 RW 02 Mranggen, Polokarto, Sukoharjo, inisiatif tersebut melibatkan strategi branding yang berfokus pada produk lilin aromaterapi yang terbuat dari bahan dasar minyak jelantah.
Inisiatif strategi branding ini ditargetkan khusus untuk ibu-ibu PKK di Dusun Pundungsari. Mereka merupakan konsumen potensial produk lilin aromaterapi yang dihasilkan dari minyak jelantah.
Strategi branding ini bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan citra produk lilin aromaterapi yang dihasilkan dari bahan dasar minyak jelantah. Produk ini menawarkan manfaat aromaterapi yang relaksasi dan menenangkan dengan berbagai wangi yang berbeda .
Pelaksanaan program kerja ini dilakukan pada Sabtu, 5 Agustus 2023, di Dusun Pundungsari RT 03 RW 02 Mranggen Polokarto Sukoharjo oleh sekelompok mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Slamet Riyadi Surakarta.mAcara ini berlangsung di lokasi yang strategis untuk menjangkau target pasar ibu-ibu PKK.
Dengan semakin berkembangnya dunia usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), penting bagi pelaku usaha untuk memperkuat identitas merek dan meningkatkan daya saing produk mereka. Strategi branding berbasis graphic design dan komunikasi visual terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumen dan membangun citra yang kuat.
Inisiatif strategi branding melalui graphic design dan komunikasi visual dilakukan melalui langkah-langkah berikut:
- Pengembangan desain logo yang mencerminkan nilai dan manfaat produk lilin aromaterapi dari minyak jelantah.
- Pemanfaatan media sosial dan materi promosi visual untuk menyampaikan pesan dan manfaat produk kepada target pasar.
- Penyelenggaraan acara peluncuran produk di lokasi yang tepat, melibatkan ibu-ibu PKK sebagai konsumen potensial.
Dengan peluncuran inisiatif ini, diharapkan produk lilin aromaterapi dari minyak jelantah dapat mendapatkan perhatian yang lebih besar dari target pasar, serta membantu mengembangkan identitas merek yang kuat dan menarik. (***)