KKN PPM Unisri, Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kerupuk Sakinah

KKN PPM Unisri, Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kerupuk Sakinah

Smallest Font
Largest Font

BOYOLALI - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Kelompok 11 mengadakan pengenalan serta penerapan digital marketing atau strategi pemasaran digital sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan kepada salah satu UMKM Kerupuk bawang "Sakinah" dukuh Pereng, desa pakel, kecamatan Andong, kabupaten Boyolali. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN kelompok 11 UNISRI di desa Pakel yang terdiri dari 13 orang.

Pada era digital ini, digital marketing menjadi hal yang sangat penting bagi pengembangan suatu UMKM. Digital marketing adalah suatu bentuk kegiatan yang dijalankan oleh pelaku usaha dalam rangka melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui pemanfaatan platform digital seperti menggunakan media elektronik, maupun menggunakan media yang berbasis internet. 

Tidak dapat dipungkiri Digital marketing memberikan banyak keuntungan dan kemudahan seperti dapat menghemat biaya promosi serta dapat jangkauan pemasaran yang lebih luas.

Dukuh Pereng sendiri memiliki potensi sebagai wilayah bisnis yang baik dalam berbisnis. Bisa dilihat dari banyaknya sentra UMKM yang ada di dukuh pereng. Salah satunya di dukuh Pereng terdapat beberapa UMKM kerupuk. Akan tetapi, masih banyak pelaku UMKM yang memasarkan produknya secara tradisional sehingga memerlukan pengenalan juga penerapan digital marketing supaya dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat baik dari warga setempat maupun luar daerah.

Pelaksanaan pengenalan dan penerapan digital marketing ini dilaksanakan pada Jum'at, 25 Agustus 2023. Media yang digunakan untuk meng-edukasi adalah Instagram. Materi yang diberikan adalah pengertian digital marketing, bentuk digital marketing dan manfaat dari penggunaan digital marketing. Selain itu kelompok 11 KKN UNISRI mengajarkan bagaimana cara menggunakan digital marketing yang baik untuk memasarkan produk UMKM termasuk bagaimana foto produk yang baik, pembuatan caption yang menarik dan bagaimana mengelola instagram yang tepat sebagai sarana pemasaran.

Dengan diadakanya pengenalan dan penerapan digital marketing ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM khususnya roti mendapatkan wawasan yang bermanfaat serta dapat meningkatkan penjualanya, dan dapat bersaing dengan kompetitor yang lain. Sehingga kesejahteraan UMKM di dukuh pereng desa pakel dapat meningkat seiring dengan peningkatan penjualan prod

uk.(***)

Editors Team
Daisy Floren

Rekomendasi

Postingan dibawah ini milik Platform Advertnative, redaksi portalberita.co.id tidak terkait dengan pembuatan konten ini.